Tempat Kuliner Halal di Benua Eropa for Adinda Azzahra Tour

Assalammualaikum Sahabat Firlia 🙂

Berburu kuliner berbagai masakan di Indonesia merupakan hobiku sejak lama. Aku sering mencicipi berbagai menu masakan daerah khas indonesia. Mulai dari gado-gado, pecel ayam, soto betawi, sate madura, nasi rawon, ketoprak, iga bakar, yamin, rendang, nasi padang, dan berbagai menu masakan lainnya.

Selain makanan khas Indonesia, banyak makanan dari negara luarpun yang aku sukai mulai dari Pizza, burger, kebab, ramen, takoyaki, sushi, spagetti, kwetiau, capcai, kimchi, dll. Makanan luar negeri tersebut sudah hadir di Indonesia sejak lama bahkan masuknya masakan luar negeri ke Indonesia banyak disukai oleh warga lokal.

Konon katanya, menjamurnya masakan luar negeri yang masuk ke Indonesia tak lepas dari adanya pertukaran budaya termasuk salah satunya adalah dalam hal makanan. Sejak dulu hingga sekarang proses tersebut masih berlangsung sehingga banyak masakan populer dari negara lain yang juga terkenal di Indonesia. Dengan begitu, kita bisa merasakan masakan luar negeri dan sebaliknya turis luar negeripun dapat mencicipi masakan khas dari negara kita yaitu Indonesia.

Namun lebih seru dan asyik apabila dapat mencicipi atau menikmati berbagai menu masakan khas negeri orang lain langsung di negaranya. Ya, salah satunya adalah di Benua Eropa.

Kenapa pilih Benua Eropa?

Seringnya mencicipi kuliner masakan benua Eropa termasuk salah satunya dari negara Italy yaitu pizza yang sudah populer sejak lama di Indonesia. Selain pizza, Eropa merupakan benua yang tergolong sangat banyak aneka ragam makanan khasnya. Eropa dengan segala gemerlapnya, menawarkan berbagai macam cita rasa namun juga tidak luput dengan beberapa makanan yang diharamkan. Problematika sebagian orang enggan berpergian ke luar negeri salah satu faktor utama adalah takut tidak menemukan makanan halal disana.



Memang sejatinya, Alloh SWT memerintahkan kepada kita umatnya untuk senantiasa memakan makanan yang halal dan baik atau dalam bahasa arabnya disebut Halalan Thoyyiban. Perintah tersebut terkandung dalam Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 88 yang artinya :

"Dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang Alloh telah rezekikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Alloh dan kamu beriman kepada-Nya"

Selain halal, makanan yang kita makan juga harus baik (Halalan Thoyyiban) agar tidak membahayakan tubuh kita. Bahkan perintah ini juga disejajarkan dengan bertaqwa kepada Alloh SWT sebagai perintah yang sangat tegas dan jelas. Perintah memakan makanan yang halal juga ditegaskan dalam ayat-ayat lain seperti dalam surat Al-Baqarah ayat 168 yang artinya:

"Wahai sekalian manusia. makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu"

Namun kamu tidak perlu khawatir sahabat firlia, karena masih banyak kok tempat makan atau restoran yang menyajikan makanan halal di benua Eropa sana. Jadi jangan ragu pergi kuliner di Benua Eropa karena takut dengan makanannya yang tidak halal. Berikut adalah beberapa tempat makan atau restoran yang menyajikan makanan halal di Benua Eropa:

Nabyzs di Liverpool (Eropa Barat)

Tempat Kuliner Halal di Benua Eropa

Nabzys | src: http://independent-liverpool.co.uk

Bagi sahabat firlia yang sedang berada di Liverpool, tidak ada salahnya untuk mengunjungi restoran yang satu ini. Restoran Nabzys merupakan restoran atau rumah makan cepat saji yang menyajikan berbagai masakan yang sudah terjamin kehalalanya. Terkadang sebagian orang akan merasa ragu dan khawatir untuk menikmati masakan cepat saji di luar negeri, apakah pemotongan hewannya sesuai dengan syariat Islam atau tidak? Nah dengan adanya Restoran Nabzys di negara Liverpool ini, rasa keraguan kamu dapat dihilangkan jauh-jauh karena restoran ini sudah sesuai dengan syariat islam dalam pemotongan hewannya alias makanan yang disajikan sudah terjamin halal.

Beraneka ragam menu yang ditawarkan di restoran cepat saji ini, salah satu yang menjadi menu andalannya adalah Spicy Wings Meals yaitu sebuah paket lengkap dengan enam potong sayap ayam dengan rasa yang pedas ditambah dengan chips serta minuman bersoda. Selain itu ada menu lainnya yang patut untuk sahabat firlia coba yaitu Pizza. Berbeda dengan pizza pada umumnya, pizza di Restoran Nabzys ini penyajiannya selalu segar dengan dimasak langsung dari loyangnya.

Bagi sahabat firlia yang kebetulan sedang singgah ke Liverpool pada malam hari dan merasa lapar, namun malas untuk pergi keluar, tenang kamu bisa pesan makanan ke restoran Nabzys dengan fasilitas free delivery.

 

Bakchich di Liverpool (Eropa Barat)

Bakchich | src: https://www.liverpoolecho.co.uk

Kamu sedang berada di pusat kota atau biasa dikenal dengan city centre dan kebetulan merasa lapar, jangan khawatir karena dekat dengan pusat kota ada restoran halal dan restoran terbaik yang boleh kamu kunjungi. Restoran halal tersebut bernama Bakchich. Restoran ini menjajakan menu makanan ala Lebanon yang wajib kamu coba. Menu favorit di restoran ini adalah Shawarma Wrap yaitu makanan yang disajikan berupa daging kambing atau ayam yang dibalut dengan potongan roti. Menjadikan cita rasa dari makanan ini eksotis khas sajian Jazirah Arab.

Setelah memilih makanan, kurang nikmat rasanya apabila tidak pesan dengan minumannya juga. Nah restoran Bakchich ini menjual juga berbagai jenis minuman yang tak kalah enaknya. Salah satunya adalah Jus Royale. Jus ini terbuat dari perpaduan antara buah alpukat, buah almond, buah kurma, dan susu yang rasanya manis di lidah. Hanya dengan mengeluarkan dana sebesar £7, kamu sudah bisa mencicipi masakan khas Lebanon dengan tempat yang sangat nyaman untuk saling berbincang bersama keluarga atau sahabat.

 

Cafe Baraka di Andalusia

Cafe Baraka di Orgiva Andalusia | Src: Baraka Orgiva/Facebook

Cafe Baraka terletak di daerah Orgiva provinsi Granada, Andalusia. Daerah ini merupakan bagian selatan kota Spanyol. Wisata halal pada umumnya dapat ditemukan di wilayah Asia yang mayoritas penduduknya adalah beragama muslim. Namun berbeda dengan daerah Orgiva yang berdiri sebuah Cafe bernama Cafe Baraka yang menyajikan makanan halal.

Cafe Baraka menyajikan berbagai hidangan sarapan pagi, makan siang, desert dan berbagai jenis minuman. Menu yang ditawarkan oleh Cafe ini sangat beragam mulai dari masakan timur tengah, makanan maroko, dan vegetarian. Tidak hanya menyediakan makanan halal, Cafe Baraka juga menyajikan camilan yang sangat menggoyang lidah dan es krim homemade buatan cafe tersebut yang menjadi menu favorit warga Andalusia untuk dinikmati saat santai di sore hari.

Cafe Baraka dapat kamu tempuh dalam waktu kurang lebih dua jam dari Kota Orgiva. Penduduk asli Kota ini adalah masyarakat yang menganut ajaran muslim sufi.

 

Flying Pizza di Italia (Eropa Barat)

Flying Pizza di Italia | src: http://www.dailymail.co.uk

Restoran yang memiliki tempat atau lokasi yang sangat strategis yaitu berada di Piazzale Libia atau persis di depan perhentian trem jalur via Cadore Via Bergamo. Flying Pizza yang terletak di 27 Via Bergamo Italia ini menyajikan berbagai menu makanan khas negara Amerika dan Italia. Halal kah makanan disana? kamu tidak perlu khawatir sahabat firlia, karena tempat makan atau restoran ini dijamin kehalalannya.

Menu makanan andalan yang disajikan di restoran ini sesuai dengan namanya yaitu Pizza dan Kebab. Namun kamu juga akan menjumpai berbagai menu makanan lainnya, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat seperti Burger, kentang goreng, minuman bersoda dll.

 

Maximum Steakhouse di Belanda (Eropa Barat)

Maximus SteakHouse di Amsterdam Belanda | src: http://lotus55bola.com

Restoran steak yang terkenal dan terbaik di Amsterdam bernama Maximus Steakhouse. Restoran ini terletak di pusat kota Amsterdam atau tepatnya di 27-29 Max Euweplein. Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa kebanyakan steak yang berada di Eropa terbuat dari daging Babi. Namun di restoran ini tersedia juga steak yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang sudah di jamin halalnya.

Bagi sahabat firlia yang sedang berkunjung ke negara Amsterdam dan kebetulan sedang berwisata muslim dengan membawa keluarga besar atau sahabat bisa sekali singgah di restoran ini, karena restoran ini memiliki tempat yang lumayan besar yang dapat menampung hingga 100 pengunjung sekaligus.

 

El Mar-Amor di Spanyol Barcelona (Eropa Barat)

El Mar-Amor, Barcelona, Spanyol | src : www.vebma.com

Sahabat firlia penyuka hidangan Seafood? Nah mungkin restoran El Mar-Amor menjadi solusi untuk kamu. Karena restoran ini menyediakan berbagai menu masakan laut yang disebut seafood. Jangan khawatir soal kehalalannya, karena menu masakan yang disajikan dibuat dengan cara yang halal dan dijamin halal.

Lokasi restoran seafood di Eropa ini terletak di dekat pantai sehingga kamu bisa puas bersantai menikmati pemandangan laut, sambil menikmati hidangan seafood yang ajib dan lezat.

 

Shahi Dera di Austria (Eropa Barat)

Shahi Dera di Austria | src : www.guccibeltsoutletbcus.com

Shahi Dera merupakan restoran dari negara Pakistan yang pertama didirikan di Benua Eropa yang tepatnya terletak di 10 Garnisongasse, Wien, Vienna, Austria. Menyajikan berbagai menu masakan ala negara Pakistan yang halal. Rasa dari masakannya pun kaya akan rempah-rempah yang sangat menggugah selera bagi orang-orang yang menyantapnya.

Restoran Shahi Dera ini memiliki cara pembayaran yang unik yakni menawarkan sistem pembayaran “Pay as You Wish” dimana pengunjung yang datang dapat memakan makanan sepuasnya yang mereka inginkan dan membayar dengan nilai yang diinginkan juga. Dengan kata lain, pengunjunglah yang menjadi penentu atau yang menjadi bagian untuk memutuskan tarif atau harga makanan yang mereka makan. Wah enak ya, bisa pilih makan dan harga sesuai dengan maunya kita! Coba di Indonesia ada yang seperti ini, bakal rame deh hehe.

Namun meskipun begitu pengunjungpun boleh menggunakan sistem pembayaran yang ada pada umumnya, yaitu memesan makanan sesuai dengan daftar menu yang sudah tersedia lengkap dengan harganya.

Hasır Schöneberg di Jerman (Eropa Barat)

Hasir Schöneberg di Jerman | src: www.jason.fi

Sejarah terbentuknya restoran yang diberi nama Hasir Schöneberg ini terdiri dari kata Hasir yan artinya “jerami karpet” yang merupakan singkatan dari asal desa sang pemilik restoran. Restoran Hasir Schöneberg ini didirikan dan dikelola oleh sebuah keluarga besar yang berasal dari negara Turki.

Salah satu menu favorit di restoran ini yaitu kebab dengan ukuran yang lumayan besar dengan isiannya yang sangat banyak. Daging yang digunakan untuk isian kebab adalah daging kambing. Namun cara pemotongan dan cara masaknya sudah sesuai dengan syariat Islam dan terjamin halal. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

 

Hector Chicken di Belgia (Eropa Barat)

Hector Chicken | src : https://nl.yelp.be

Kamu pecinta ayam dan nasi? Di Benua Eropa juga ada lho! Restoran yang diberi nama Hector Chicken ini menyajikan berbagai menu hidangan siap saji berupa variasi menu ayam dan nasi. Seperti yang sudah sahabat firlia ketahui bahwa nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia dan merupakan makanan yang sudah menjadi ciri khas lidah masyarakat Indonesia. Sehingga tidak heran kalau restoran Hector chicken ini menjadi pilihan tepat untuk wisatawan asal indonesia yang sedang berkunjung di negara Eropa ini.

Restoran Hector Chicken berlokasi masih diseputar pusat ibukota negara Belgia, Brussel atau tepatnya di Place de Brouckere. Harga untuk menu makanan yang ditawarkan restoran ini cukup terjangkau dan sangat ramah sekali di kantong.

 

Les Enfants Terribles di Perancis (Eropa Barat)

Les Enfants Terribles | src : https://food.idntimes.com

Saat kamu berada di Paris mungkin akan kesulitan menemukan menu makanan halal. Namun ada salah satu restoran besar di daerah Av Daumesnil, Paris yang menyajikan banyak menu makanan halal. Restoran tersebut bernama Les Enfants Terribles. Restoran ini bisa menjadi pilihan tepat bagi wisatawan muslim yang sedang berlibur ke Paris.

Salah satu menu makanan yang terkenal di Les Enfants Terribles adalah Fine Dinning yang menggunakan bahan baku berupa daging sapi atau domba yang disiram dengan kuah yang begitu lezat. Tentunya bahan baku daging yang digunakan sudah sesuai dengan syariat Islam dan dijamin halal.

 

Wrap It Up! di Inggris (Eropa Barat)

Wrap It Up! | src : zomato.com

Sesuai dengan namanya, Wrap It Up! Menyajikan hidangan segar yang dimasak dan disiapkan dengan menggunakan bahan-bahan yang segar dengan kualitas terbaik. Dan tentunya dijamin halal. Restoran Wrap It Up! Tersebar di pusat kota London, Inggris dan salah satunya beralamat di Bishopsgate 166.

Beberapa hidangan yang menjadi favorit di restoran Wrap It Up! ini adalah makanan Meksiko, India, Turki, Lebanon, Jamaika, Portugal, dan Yunani. Pengunjung biasanya mengunjungi tempat makan yang satu ini untuk menikmati sarapan.

 

Bistro Carthago di Luksemburg (Eropa Barat)

Bistro Carthago di Luksemburg | src: https://www.tripadvisor.com

Jika sahabat firlia sedang singgah di 69 kota Luksemburg, Eropa Barat jangan lupa untuk mengunjungi restoran yang satu ini. Bistro Carthago merupakan restoran yang menyajikan masakan khas mediterranean, middle eastern, tunisian, berbagai masakan khusus vegetarian dll.

Dan yang paling penting menu masakan disini berpredikat halal dan dimasak dengan cara yang baik.

Salero Minang di Den Haag, Belanda (Eropa Barat)



Salero Minang di Den Haag | src : ide-ode.com

Mendengar namanya saja pastinya sahabat firlia sudah familiar ya. Yap, Salero Minang adalah restoran halal yang berasal dari negara Indonesia khususnya daerah Padang Sumatera Barat. Namun kali ini kamu bisa temukan masakan asli Padang ini di negara Den Haag, Belanda lho. Restoran ini terletak di Prins Hendrikstraat 150a, 2518HX Den Haag. Restoran yang dikelola oleh orang asli Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 2011.
Menu yang dihadirkan di restoran Salero Minang ini adalah masakan nusantara dan masakan padang. Menu masakan nusantara lebih disukai oleh pengunjung asli Belanda karena orang belanda lebih suka masakan yang tidak begitu pedas. Sedangkan masakan padang lebih disukai oleh pengunjung yang berasal dari negara Indonesia yang tinggal di berbagai negara Eropa dan merupakan penggemar masakan padang. Selain itu, menu masakan padang juga disukai oleh para Muslim traveller dari Indonesia yang mencari makanan halal saat berwisata ke Eropa.

 

Jadi, itulah beberapa tempat makan atau restoran halal terbaik yang ada di Benua Eropa yang dapat aku maupun sahabat firlia kunjungi ketika singgah ke negara tersebut. Apalagi ketika bulan Ramadhan seperti ini, bisa menjadi salah satu tujuan untuk tempat berbuka atau sahur saat melaksanakan ibadah puasa di Eropa.

Dengan membaca artikel tentang Tempat Kuliner Halal di Benua Eropa ini saja pastinya sahabat firlia langsung berangan-angan untuk dapat singgah kesana dan dapat merasakan nikmatnya bulan Ramadhan di benua Eropa. Jadi agar angan-angan dan keinginanmu dapat terkabul, yuk mulai dari sekarang nabung yang rajin supaya bisa pergi kesana. Siapa tahu tahun depan, jika Alloh SWT mengizinkan (Insyaallah) kita bisa bersama-sama pergi kesana sahabat firlia.

Yang lebih enaknya lagi kalau wisata kuliner ke benua Eropa tersebut menggunakan jasa tour and travel yang sudah berpengalaman dan terpercaya seperti Adinda Azzahra Tour and Travel. Dengan pelayanan dan service terbaik yang diberikan, menapaki tempat kuliner di benua Eropa akan terasa lebih mudah, aman dan nyaman. Sahabat firlia dapat buka websitenya di www.adindaazzahra.com.

Mudah-mudahan informasi di artikel ini dapat bermanfaat untuk sahabat firlia semua ya. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa dan berikhtiar agar semua harapan dan keinginan kita semua dapat terlaksana dengan baik. Amin allohumma amin

 

Sumber dan Referensi:

http://media-islam.or.id

https://food.idntimes.com

https://travel.detik.com

http://ppigreaterliverpool.org

www.republika.co.id

Share and Like This..
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 7
  •  

5 Comments

  1. Machyuliyahsays: Reply

    Iya mas banyak banget. Jadi gak perlu takut ketika masnya lagi wisata kuliner ke Benua Eropa 😉

  2. Astisays: Reply

    Isi artikelnya bagus, terima kasih selalu memberikan informasi yang bermanfaat buat kita. Sukses terus yaa ,,,

    • Machyuliyahsays: Reply

      Sama-sama mba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TrackBack URL

http://firlia.com/tempat-kuliner-halal-di-benua-eropa-for-adinda-azzahra-tour/trackback/

PAGE TOP