Hi Sahabat Firlia, udah masak apa pagi ini? Hmm.. sepertinya membuat Lumpia Basah enak kali ya!

Awal mula kenapa ide masakku muncul untuk untuk membuat Lumpia basah adalah karena ada keinginan untuk mencicipi lumpia basah disaat itu, tapi yang jual jarang. Maklum emang jarang banget ditemuin kuliner Lumpia basah di kota Jakarta. Mungkin ada tapi lokasi sama tempat kost-kostan lumayan jauh, namanya anak kostan yee kan mager banget kalau harus beli di luar, bisa sih pesen online tapi mikir lagi ongkirnya pasti mahal hahaha

Karena alesan malas itulah, akhirnya muncul ide untuk buat sendiri. Eh tapi ada alasan lain deh dibalik semangatnya aku buat bikin sendiri, ya karna ada yang minta dibikinin.. #ayoSiapaTebak 😀

Daripada main tebak tebak yang gak jelas, langsung liat aja yuk cara buat dan bahan-bahan untuk membuatnya.

Bahan-Bahan Membuat Lumpia Basah

1. Kulit lumpia secukupnya

Lumpia Basah

 

 

 

 

 

 

 

2. Bengkoang

 

 

 

 

 

 

 

3. Toge

 

 

 

 

 

 

 

4. Bawang putih

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Cabai merah dan rawit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Gula merah

 

 

 

 

 

 

 

7. Telur ayam

 

 

 

 

 

 

 

8. Tepung Maizena/tepung kanji

9. Air secukupnya

10. Garam secukupnya

11. Merica/lada secukupnya

Cara Membuat

  1. Potong dan iris bengkoang menjadi bentuk serong memanjang.
  2. Didihkan air panas, masukkan gula merah, tunggu hingga gula larut.
  3. Setelah gula larut, Masukkan irisan bengkoang ke dalam panci. Tunggu hingga bengkoang empuk dan air gula merahnya meresep ke dalam bengkoang.
  4. Sisa air gula merahnya jangan dibuang ya karena akan digunakan untuk membuat lem. Caranya didihkan kembali air gulanya. Di tempat berbeda, larutkan tepung maizena dengan air secukupnya. Setelah air gula mendidih, masukkan larutan maizena ke dalam panci aduk hingga mengental seperti lem. Angkat dan tiriskan.
  5. Haluskan bawang putih, cabai, dan garam
  6. Sediakan teflon, masukkan minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Aduk-aduk hingga tercium aroma harum.
  7. Masukkan telur ayam, aduk-aduk seperti telur orak arik. Setelah itu masukkan toge masak sebentar, lalu masukkan bengkoang, garam dan merica secukupnya. Koreksi rasa dan tunggu hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  8. Di tempat yang berbeda, siapkan kulit lumpia, olesi dengan lem gula bagian atasnya. Masukkan tumisan bengkoang dan toge ke atas kulit lumpia yang telah beri lem. Lipat kedua sisi kulit lumpianya.
  9. Lumpia basah ala Firlia siap untuk disajikan.

Nb : hidangkan dan makan selagi hangat.

Gimana sahabat tertarik untuk mencobanya ? Yuk buat sekarang juga.

 

Share and Like This..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •