Tak terasa kita sudah hampir di penghujung tahun 2017 dan akan akan memulai hari baru di tahun 2018. Pasti banyak sekali momen-momen baik suka maupun duka yang sahabat alami di tahun 2017 ini. Dan pastinya banyak keinginan ditahun 2017 ini yang masih belum tercapai hingga bertemu kembali dipenghujung tahun 2017. Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin resolusi kita di tahun sebelumnya terlalu tinggi dan terkesan bukan kondisi real diri sendiri.

Terlalu tinggi resolusi yang diinginkan dapat juga menyebabkan penyebab utama kita gagal mencapai target yang sudah ditentukan sahabat. Biasanya target yang terlalu tinggi, membuat kita jadi malas untuk mengerjakanya, mungkin karena sudah terpatri di dalam diri kalau target yang kita tentukan tersebut merupakan target yang sulit dicapai sehingga tidak ada motivasi untuk meraihnya. Makannya untuk tahun baru mendatang mungkin dapat dijadikan beberapa list resolusi apa saja yang memang benar-benar sesuatu yang diharapkan dan perlahan dapat dilaksanakan. Bisa dimulai dengan hal-hal yang kecil lebih dahulu.

Kalau berbicara mengenai resolusi di tahun 2018, Tercapai atau tidaknya harapan-harapan yang sudah dilist tersebut, yang terpenting apa saja keinginan kita ditahun 2018 dapat terealisasikan dan dengan membuat suatu resolusi merupakan cara terbaik untuk menetapkan tujuan kita di tahun yang akan datang. Berikut daftar resolusi saya untuk tahun 2018 untuk hidup yang lebih baik:



1. Mulai untuk mencatat pemasukkan yang didapat dan mencatat pengeluaran yang ada setiap harinya

Sebenarnya metode atau resolusi ini sudah mulai saya terapkan dipertengahan tahun 2017, dan saya berencana agar di tahun 2018 dapat dilakukan mulai di awal tahun. Karena dengan rutinnya melakukan pencatatan terhadap pemasukkan maupun pengeluaran uang yang kita punya, sehingga kita tahu apakah keuangan kita punya saat ini sedang sehat atau tidak sehat.

Agar dapat terarah dengan baik, sebaiknya buatlah daftar pengeluaran sesuai dengan fungsinya atau sesuai dengan yang kita butuhkan. Dengan demikian, pengeluaran yang sudah tercatat tidak tercampur dengan pengeluaran yang lainnya. Mengalokasikan dana yang ada agar tepat sasaran penggunaannya. Mana yang perlu dibeli dan mana yang tidak begitu kita butuhkan. Maka dari itu, yang paling terpenting menurut saya untuk melakukan resolusi di tahun 2018 pertama kali adalah membenahi pengeluaran dan pemasukkan terlebih dahulu. Ketika pengeluaran dan pemasukkan sudah tercatat dan terarah dengan baik, baru kita bisa melangkah ke harapan selanjutnya yang diinginkan.

2. Dapat Melunasi Hutang yang Masih Tertunggak

Menggunakan kartu kredit memang sangat menyenangkan, penggunaannya juga praktis tinggal gesek sana sini gak perlu mengeluarkan uang, tapi apakah sahabat sadar, dengan berbelanja menggunakan kartu kredit lama kelamaan hutang kamu makin bertambah? Apalagi menggunakannya hampir setiap hari. Nah ini yang sempat saya rasakan ketika dampak menggunakan kartu kredit.  Karena kemudahan yang diberikan itu, sudah khalap kalau ngeliat barang-barang baru yang bagus dan harganya juga lumayan menguras dompet. Namun karena adanya kartu kredit, barang mahal pun dapat dibeli apalagi ada pilihan cicilan 0%. Hal tersebut malah membuat jadi boros.

Sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan kartu kredit, tidak dilarang namun kita harus jeli untuk menggunakannya. Tahu trik dan trik dalam penggunaannya. Nah, untuk resolusi di tahun 2018, saya menginginkan hutang-hutang saya terdahulu di tahun 2017 dapat dilunasi di tahun 2018. Memang perlu perencanaan yang matang untuk hal ini, namun kita bisa melakukan penyicilan pembayarannya dengan menyisihkan setiap uang yang kita dapatkan ketika gajian tiba untuk membayar cicilan hutang tersebut.

3. Dapat Menghadapi Kondisi yang Tak Terduga

Sakit merupakan kondisi yan tak terduga | Sumber Gambar: pixabay.com

Di kantor tempat saya bekerja, memang sudah diberikan BPJS Kesehatan. Namun tidak ada salahnya kita juga memiliki asuransi kesehatan tambahan untuk jaga-jaga apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi dan tidak bisa tercover oleh BPJS Kesehatan, maka bisa menggunakan asuransi kesehatan tambahan yang kita miliki.

Mempunyai kondisi dimana orang tua saya sudah pensiun dari kerjanya, otomatis saya bisa dibilang menjadi tulang punggung keluarga, sehingga sangat butuh yang namanya memiliki asuransi jiwa. Selain itu kita juga harus memiliki yang namanya dana darurat. Dana darurat dapat kita gunakan untuk mengantisipasi pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga, yang tidak bisa dicover oleh asuransi apapun.

4. Memiliki Aset Investasi Jangka Panjang

Asset Investasi Jangka Panjang | Sumber Gambar: pixabay.com

Ketika harga-harga barang mengalami kenaikkan dari hari kehari, sedangkan kenaikan gaji yang kita dapatkan tidak dapat mengimbangi kenaikan yang terjadi. Maka dari itu untuk menyeimbangi hal tersebut, mulai dari awal tahun 2018 kita bisa menyisihkan uang yang kita dapatkan untuk membeli aset investasi jangka panjang seperti kepemilikan rumah, kontrakan, perhiasan, tabungan dana pensiun dan lain – lain.

Karena dengan memiliki aset investasi tersebut, secara tidak langsung kita menabung sedikit demi sedikit dari penghasilan yang kita dapatkan. Dan hal tersebut akan saya mulai di tahun 2018 ini.

Kita juga tidak pernah tahu kan kapan pekerjaan yang sekarang kita lakukan ini akan bertahan sampai kapan?

Nah dengan berinvestasi seperti inilah saya yakin kedepannya akan lebih baik karena kita sudah memiliki aset yang bernilai tinggi dan juga akan menghasilkan pundi-pundi yang tidak sedikit di kemudian hari, apabila kita pergunakan aset tersebut dengan baik. Dan bisa juga sebagai ladang usaha di hari tua.

5. Memulai Melakukan Pola Hidup Sehat

Memulai Pola Hidup Sehat | Sumber Gambar: pixabay.com

Selain resolusi keuangan yang telah dijabarkan pada poin-poin di atas, untuk resolusi tentang kesehatan pun patut untuk diperhatikan. Kenaikan berat badan selama bertahun-tahun bekerja, karena pola makan yang tidak sehat seperti seringnya memakan makanan cepat saji, minuman bersoda, cemilan dan kurangnya berolahraga sehingga menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah dan timbulnya masalah kegemukan. Selain itu timbulah penyakit lainnya seperti Diabetes, Jantung, Kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Nah, Cara termudah pada resolusi di tahun baru 2018 ini untuk hidup lebih sehat yang paling utama adalah lebih banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Kandungan nutrisi, mineral dan vitamin yang terdapat pada sayuran atau buah-buahan dapat membantu tubuh agar tetap sehat.  Selain itu, untuk melakukan pola hidup sehat perbanyak juga untuk mengkonsumsi air putih, berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.

Namun apabila kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral harian tidak dapat dicukupi melalui makanan yang dikonsumsi setiap hari, untuk itu kita butuh asupan dari sumber lain seperti suplemen. Suplemen tersebut bisa sahabat dapatkan dalam multivitamin-mineral Theragran-M. Dari informasi yang saya dapatkan dari apotik tempat saya membeli obat vitamin ini, Theragran-M memiliki keunggulan yang baik untuk kesehatan tubuh seperti dapat meningkatkan, mengembalikan, dan menjaga daya tahan tubuh serta merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan, karena kalau sakit jangan lama-lama, banyak aktifitas yang bakalan terganggu apabila kita sakit yang cukup lama. 

Kesimpulan

Resolusi tahun baru di tahun 2018 memang perlu kita list atau kita buat daftarnya agar setiap perubahan atau pencapaian yang kita inginkan di tahun baru dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan. Untuk itu perlu juga ada perencanaan yang matang sebelum kita memulainya.

Tentunya harapan-harapan yang telah kita buatkan daftarnya tersebut dapat tercapai apabila kondisi tubuh kita tetap vit dan sehat. Kalau kondisi kita tidak dijaga dan akan menyebabkan sakit yang berkepanjangan, tidak menutup kemungkinan juga akan menghambat tujuan resolusi kita di tahun 2018 tersebut. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, tubuh kita membutuhkan vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit seperti vitamin Theragran-M.

Karena dengan kita mengkonsumsi multivitamin-mineral ini rutin setiap harinya, tubuh akan terasa lebih sehat, badan terasa lebih bugar dan yang pastinya dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi mulai dari sekarang penuhi asupan vitamin dan mineral untuk tubuh dengan memulai mengkonsumsi Theragran-M.

*****

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

Sumber dan referensi:

Theragran-M

Share and Like This..
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 29
  •