Hi sahabat firlia!

Bagaimana kabarmu pagi ini ?

Cuaca cerah pagi gini enaknya makan apa ya? Oia aku memang hobi sekali dengan yang namanya makan bisa dilihat sih dari badanku yang subur ini hehe. Mulai dari masakan sunda, masakan jawa, menu masakan apa saja (kecuali seafood dan sejenisnya) pasti aku suka.

Tapi kali ini pengen mencoba buat masakan sendiri. Siapa tahu rasanya tidak kalah dengan menu masakan yang banyak di jual di restoran. Siapa tahu juga dari hobi kuliner dan masak nantinya bisa buka usaha kecil-kecilan buat nambah pundi-pundi keuangan, amin

Nah kali ini aku mau mencoba memasak masakan rumahan. Sebelumnya aku pernah mencoba masakan ini di beberapa restoran. Karena aku suka banget dengan hidangan yang satu ini. Berawal dari masakan tersebut, ada kepikiran buat bikin sendiri, karna ya bisa dibilang anak kosan kalau beli masakan terus gimana bisa hemat hehe. Akhirnya aku buka-buka resepnya deh di mbah Google. Ternyata banyak banget lho sahabat cara atau resep masakannya.

Cuma kali ini aku mau buat tampilan yang berbeda dari biasanya. Menggunakan bahan-bahan yang terbatas yang ada di kostan tentunya. hehe. Mau tahu kreasi masakku kali ini ala-ala anak kostan? Yuk lihat disini ya!

Bahan -Bahan 

  • Sediakan 6 Buah Sosis Ayam (Total sosis yang dipakai disesuaikan dengan kebutuhan sahabat ya, kenapa aku cuma pakai 6 buah sosis karena cuma buat di makan sendiri namanya juga anak kosan :D). Potong serong agar terlihat cantik atau sesuai dengan selera kamu.
  • 1 Buah Tomat, potong dadu menjadi 4 buah
  • 2 buah Wortel (dipotong-potong bulat pipih) lagi-lagi ini sesuai dengan selera sahabat semua ya. Bisa juga di potong tipis/pipih seperti bentuk korek api.
  • 3 Tahu Putih/Tahu Susu (potong menjadi berbentuk dadu dengan ukuran kecil atau sedang)
  • 2 Siung Bawang Putih (geprek dan cincang halus)
  • 3 Siung Bawang Merah (cincang halus)
  • 5 buah Cabai Rawit atau sesuai selera (potong serong biar kelihatan cantik)
Bumbu :
  • 2 Sendok Saus Tomat.
  • 1 Sendok Saus Tiram atau sesuai selera.
  • 1 Sendok Kecap Manis.
  • Garam secukupnya.
  • Merica bubuk. Karena persediaan bumbu-bumbu di kostan adanya merica biji, jadi perlu di tumbuk halus terlebih dahulu.
  • Gula Pasir secukupnya.
  • Air secukupnya.
  • 1 sendok Tepung Maizena atau tepung tapioka (larutkan dengan sedikit air dingin untuk pengental)
  • Minyak untuk menumis

Cara Memasak 

  1. Panaskan minyak goreng.
  2. Goreng sosis dan tahu yang telah di potong-potong tadi hingga matang.
  3. Di tempat yang berbeda, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit tumis hingga harum. Setelah itu tambahkan tomat, aduk hingga tomat menjadi agak layu.
  4. Tambahkan air secukupnya.
  5. Masukkan semua campuran bumbu. Icip rasa masakannya. Disini kamu bisa sesuaikan dengan selera lidah kamu. Kalau ada bumbu yang kurang bisa di tambahkan di bagian ini.
  6. Setelah rasa masakannya sudah sesuai, selanjutnya masukkan sosis dan tahu yang telah di goreng tadi dan campurkan dengan bumbu. Aduk hingga rata. Masak sebentar dengan api kecil hingga bumbunya meresap.
  7. Matikan api dan tiriskan.
Sosis dan tahu asam manis ala anak kostan siap untuk dinikmati 🙂

 

Berikut tampilan video ketika proses memasak, cekidot!

 

Share and Like This..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •