Berlibur ke tempat yang bernuansa alam memang yang paling di tunggu. Terlebih lagi menikmati keindahan alam Indonesia bersama dengan orang-orang dekat kita. Malang menjadi tempat tujuan selanjutnya yang aku kunjungi. Tepat di tanggal 9 Desember 2016 sampai dengan 12 Desember 2016, aku dan kedua temanku pergi berwisata mengunjungi keindahan alam kota Malang. Satu minggu sebelum hari keberangkatan kami ke kota Malang, kami mulai mempersiapkan segala perbekalan kami selama 4 hari disana seperti perlengkapan untuk pendakian, dan yang tidak pernah aku lupa adalah membawa P3K pribadi.

Hari yang di tunggu-tunggupun akhirnya tiba. Kami berangkat pada hari Jumat (9/12/2016) pada pukul 05.00 WIB. Untuk perjalanan kali ini kami menggunakan transportasi udara dengan pilihan maskapai Garuda Indonesia. Tiket Pesawat Garuda kami dapatkan begitu mudahnya dan bisa dibilang sangat cepat mendapatkannya, karena memang rencana liburan kami ini sangatlah mendadak dan tidak direncanakan sebelumnya.  Bayangkan saja, kami baru merencanakan untuk berlibur kira-kira H-7 keberangkatan hehe. Bisa dibilang modal nekad sih. Namun dengan kemudahan dalam memesan tiket online melalui Skyscanner, rencana liburanku yang dadakan tersebut akhirnya dapat terlaksana dengan mudah.

Sedikit review tentang pengalamanku memesan tiket pesawat menggunakan aplikasi Skyscanner, benar-benar sangat memudahkan segala urusanku dalam hal pencarian tiket pesawat dengan harga yang bersahabat. Yap, Skyscanner adalah mesin pencarian travel yang membantu kita dalam menemukan tiket pesawat dengan harga yang murah, hotel bahkan sewa mobil dalam hitungan detik saja untuk jutaan tujuan wisata di seluruh dunia. Hebatnya lagi, Skyscanner ini memudahkan pencarian kamu dalam berbagai hal seperti fungsi pencarian ke “mana saja”, menampilkan harga sepanjang bulan dan tahun. Ketika kamu butuh inspirasi tinggal ketik saja nama negara tujuan dan klik kota tujuanmu, semuanya bisa kamu dapatkan dengan mudah. Oya, Skyscanner juga sudah support di mobile dan dapat di download di smartphone kita lho!

Bagaimana Cara Pesan Tiket Pesawat di Skyscanner ?

Cara untuk memesan tiket pesawat melalui aplikasi atau website skyscanner sangat mudah sekali sahabat, berikut aku kasih tahu langkah-langkah pesan tiketnya:

1. Masuk ke aplikasi atau website Skyscanner di https://www.skyscanner.co.id/, kemudian dibagian menu bar sebelah kiri atas klik menu “Tiket Pesawat”.

2. Setelah mengklik menu “Tiket Pesawat”, ada 3 pilihan opsi yang dapat kamu pilih, yaitu:

• Pulang Pergi, opsi ini diperuntukan untuk kamu yang ingin membeli tiket pesawat, untuk berangkat dan perjalanan pulang.
  • Sekali Jalan, opsi ini bisa kamu pilih apabila kamu hanya ingin pesan tiket sekali saja, untuk berangkat atau pulang saja.
  • Multikota, kalau kamu ingin berpergian ke beberapa tempat dengan sekali pesan. Kamu juga bisa menambahkan penerbangan lain.

Disini aku pilih yang opsi “Pulang Pergi” dengan tujuan Jakarta-Malang.

3. Setelah itu kamu tinggal klik cari penerbangan, sistem Skyscanner akan langsung melakukan pencarian penerbangan yang ada dengan cepat. Setelah muncul semua trip penerbangan mulai dari trip terbaik, termurah, dan tercepat., bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Estimasi waktu sampainya di tempat tujuan juga ada. Jadi kamu bisa memastikan kapan sampai di lokasi tujuan dengan mudah.

Pencarian Penerbangan Dengan Cepat | src: https://www.skyscanner.co.id/

Bisa Pesan Hotel juga di Skyscanner ?

Bisa banget! Selain bisa pesan tiket pesawat dengan sekali klik, aplikasi Skyscanner juga dapat dengan mudahnya pesan hotel. Nah disini kamu bisa cari hotel terdekat dengan tempat tujuan kita. Banyak tawaran terbaik yang Skyscanner berikan secara gratis.

Sewa Kamar Hotel Terdekat Dengan Mudah | src: https://www.skyscanner.co.id/

Kalau Untuk Sewa Mobil, di Skyscanner Ada Gak?

So pasti ada dong! Nah ini dia pastinya yang banyak di cari oleh traveller yang kadang suka kebingungan setelah sampai di hotel, untuk menuju lokasi objek wisata, naik transportasi apa ya agar bisa sampai? Malah sampai tanya mba Google buat tanya transportasi apa saja untuk menuju lokasi yang kita datangi. hmm ribet bangetkan? Kalau di Skyscanner gak perlu bingung. Karena selain kemudahan dalam memesan tiket pesawat dan kamar hotel, Skyscanner juga ada pilihan untuk sewa mobil.

Selain itu, banyak sekali keuntungan menggunakan Skyscanner untuk keperluan liburanmu, salah satunya adalah meskipun tidak sedang ada promo, dengan Skyscanner tetap mendapatkan tiket pesawat termurah Lho! Kunjungi www.skyscanner.co.id untuk informasi cara mendapatkan tiket pesawat termurah.

Kembali lagi ke cerita, Tiket Pesawat Garuda Indonesia PP Jakarta – Malang pun sudah ditangan pada hari keberangkatan. Bandara tujuan kami adalah bandara Soekarno-Hatta (CGK). Sebelum sampai ke bandara, kami berangkat dari tempat tinggalku di daerah Mampang Prapatan, kami mengendarai taksi online agar bisa cepat sampai ke bandara dan tidak ketinggalan pesawat. Untungnya kami sampai di bandara satu jam sebelum keberangkatan. Setelah menunggu, akhirnya pesawat yang kami naiki mengudara dan sampai di bandara Abdul Rachman Saleh dengan selamat.

Hari Pertama di Kota Malang

Setibanya di bandara Abdul Rachman Saleh, kami segera menuju Hotel yang telah kami pesan sebelumnya. Setelah sampai di Hotel, kami beristirahat sejenak terlebih dahulu untuk mandi dan berganti pakaian serta menikmati sarapan yang disediakan tempat kami menginap.

Alun-Alun Kota Malang

Setelah kami selesai mandi, kami langsung menuju ke wisata pertama kami yaitu Alun-Alun Kota Malang. Alun-alun Malang ini terletak di Jl. Merdeka, Malang Jawa Timur. Di Alun-alun Malang ini pengunjung yang datang lumayan ramai, meskipun di hari Jumat. Tidak perlu menunggu lama akhirnya kamipun berfoto di depan papan nama yang memang sedang kekinian yang bernama ALUN ALUN MALANG yang berwarna jingga.

Berfoto di Papan Nama Alun-Alun Malang

Coban Rondo Batu Malang

Setelah puas berfoto di sekitaran Alun-alun kota Malang. Tujuan kami selanjutnya adalah menuju air terjun Coban Rondo Malang. Air terjun ini terletak 12 Km dari Kota Batu, tepatnya di desa Pandansari, Kecamatan Pujong, Kabupaten Malang Jawa Timur. Air terjun Coban Rondo ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Akses menuju lokasi pun saat ini sudah sangat baik yaitu sudah beraspal. Air terjun setinggi 84 meter dan berada di ketinggian 1.135 MDPL ini berada dari sumber mata air Cemoro Dudo yang terletak di lereng Gunung Kawi dengan debit 150 liter perdetik pada musim hujan dan 90 liter perdetik pada musim kemarau.

Panorama air terjun yang menghembuskan butir-butir air yang dibalut dengan keindahan alam yang sangat asri ini membuat kami semangat untuk saling berfoto.

Setelah asyik berfoto di areal air terjun Coban Pelangi ini, karena waktupun sudah semakin sore, akhirnya kami memutuskan untuk menuju tempat penginapan yang memang tempat nya tidak begitu jauh di daerah Batu Malang.

Hari Kedua

Puncak Pananjakan Gunung Bromo

Destinasi selanjutnya yang kami kunjungi adalah Gunung Bromo. Pukul 02.00 WIB dini hari kami sudah harus bangun dan bersiap-siap untuk menuju tempat pendakian ke Gunung Bromo. Gunung Bromo ini terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Pegunungan yang mempunyai ketinggian 2392 mdpl ini dengan panorama pemandangan yang sangat mempesona bagi pengunjung yang mendatanginya baik lokal ataupun mancanegara. Untuk sampai ke tempat pananjakan kami menyewa mobil Jeep. Waktu yang kami tempuh dari tempat penginapan ke tempat pananjakan menggunakan mobil Jeep adalah kurang lebih 2 jam. Sesampainya di tempat berkumpul di pananjakannya, mulailah pendakian kami ke puncak pananjakan Gunung Bromo untuk melihat sunrise. Semilir kabut di pagi hari menemani langkah kami. Kira-kira 20 menit akhirnya kami sampai ke puncak Pananjakannya.

Di atas puncak pananjakan, kabut pekat mulai menutupi seluruh pemandangan yang mengelilingi gunung Bromo ini. Sunrise yang sudah kita nanti-nantikan juga akhirnya muncul juga.

Padang Savana (Bukit Teletubies) Malang

Pukul 08.00 WIB, kami melanjutkan perjalanan untuk menuju ke lereng puncak pananjakan Gunung Bromo yaitu Padang Savana atau sering dikenal dengan sebutan Bukit Teletubies. Disebut sebagai bukit teletubies karena di bukit ini ada gunung yang di tumbuhi banyak rumput.

Lautan Pasir (Pasir Berbisik)

Tempat yang satu ini menjadi tempat yang paling di favoritkan oleh banyak orang termasuk kami. Karena di tempat ini, hamparan pasirnya yang terbentang luas membentuk lukisan garis-garis yang elok. Kamu bisa mendengar bisikan apabila mendekatkan telinga kamu ke dekat pasir. Kamu pernah dengar film Pasir Berbisik yang di bintangi oleh Dian Sastrowardoyo? Nah tempat pembuatan filmnya disini.

Hari Ketiga

Objek Wisata Coban Pelangi

Tempat ini merupakan tempat terakhir yang kami kunjungi selama di Kota Malang. Coban Pelangi terletak tidak jauh dari Gunung Semeru dan masih bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Kota Malang yaitu berjarak 32 km. Lokasi air terjun ini berada di Desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur.

Waktu yang bagus untuk datang ke tempat ini agar dapat melihat percikan air yang membentuk pantulan warna warni layaknya seperti pelangi adalah di waktu siang mulai pukul 11.00 WIB s/d 14.00 WIB. Namun saat kami tiba di air terjun ini kondisinya baru selesai hujan, jadi tidak nampak warna pelangi itu.

Waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB, akhirnya kami memutuskan untuk mengakhiri perjalanan ini. Perjalanan pulang kamipun menggunakan transportasi yang sama yaitu transportasi udara dengan maskapai Garuda Indonesia dan dengan tiket pesawat yang telah kami pesan saat pertama kami memesannya. Tujuan penerbangan kami adalah Malang-Jakarta.

Oiya kalau kamu berencana berlibur ke kota Malang, Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama berwisata ke Kota Malang:

1. Bawa pakaian secukupnya.
  2. Untuk pendakian ke puncak pananjakan Bromo, diusahakan membawa jaket karena udara pagi hari lumayan dingin.
  3. Gunakan sepatu gunung untuk pendakian ke puncak pananjakan Gunung Bromo.
  4. Selalu membawa P3K pribadi selama perjalanan.
  5. Bawa minum agar tidak dehidrasi.
  6. Bawa kamera untuk berfoto.
  7. Membawa charger hp atau power bank yang bisa kalian gunakan sewaktu-waktu saat baterai hp kamu kehabisan baterai.
  8. Bawa peralatan mandi dan peralatan ibadah.

Sekian cerita liburan dan pengalaman menarikku di Kota Wisata Malang Jawa Timur. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat firlia yang memang berencana untuk pergi berwisata ke Kota Malang. Yuk jelajahi nusantara bersama Skyscanner!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.