Hallo sahabat firlia? Bagaimana kamu mengawali pagi hari?

Mengawali pagi yang cerah, rutinitas yang sering aku lakukan adalah meminum kopi hangat sambil ditemani dengan sepotong kue. Karena hal tersebut memang sudah menjadi pakanan wajib yang aku lakukan sebelum menjalankan rutinitas pekerjaan. Mungkin bisa dikatakan juga sebagai pengganti menu sarapan pagiku. Ya, hal tersebut aku lakukan sebenarnya untuk menghindari rasa kantuk saat bekerja. Karena memulai sarapan pagi dengan menu yang berat, rasa kekenyangan pun menghinggap dan pada akhirnya aktifitas bekerja tidak akan bisa kondusif karena seringnya menguap. Karena dulu sering mengalami hal tersebut, akhirnya aku memutuskan dan membiasakan diri untuk sarapan pagi dengan hanya meminum secangkir kopi hangat dan sepotong kue. Bahkan aku bisa menghabiskan 2 cangkir atau lebih kopi lho!

Rutinitas seperti ini aku jalani sampai sekarang. Hingga pada akhirnya aku mengalami rasa nyeri ketika ingin buang air kecil. Pertama kali merasakan sakit buang air kecil ini, tanggapanku biasa saja mungkin karena aku kurang minum air putih (karena jujur aku lebih banyak meminum secangkir kopi dibandingkan dengan meminum air putih setiap harinya). Namun lama kelamaan rasa sakitnya sering timbul pada jam-jam menjelang siang atau ketika selesai minum kopi. Karena hal tersebut sangat mengganggu, akhirnya aku memutuskan untuk periksa ke klinik dekat kantor.

Dan taraa, hasil pemeriksaan dokter mengatakan kalau sakit yang aku alami tersebut merupakan gejala Anyang-anyangan. Dan seketika bibir ini menjawab, Lah Kok Bisa? Karena aku belum pernah mengalami hal ini sebelumnya dan juga tidak tahu anyang-anyangan itu sejenis penyakit apa, akhirnya dokter yang memeriksaku tersebut dibanjiri dengan sejumlah pertanyaan dariku, hehe maaf ya Dok 🙂

Apa Sih Anyang-anyangan Itu?

Free images by <a href="https://pngtree.com" >pngtree.com</a>

Anyang-Anyangan | Free images by https://pngtree.com

Menurut dokter klinik tempat aku periksa, Anyang-anyangan dalam bahasa medis sering disebut dengan Polakisuria yaitu suatu kondisi dimana kandung kemih tidak dapat menampung urin lebih dari 500 ml karena lapisan mukosanya meradang, sehingga penderita yang mengalami gejala anyang-anyangan ini sering merasakan ingin buang air kecil secara terus menerus namun air seni yang keluar hanya sedikit-sedikit dan disertai rasa sakit atau terasa panas (disuria). Hal ini sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau sering dikenal dengan sebutan Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau saluran kencing, di samping itu juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya.

Tanda-tanda atau gejala yang timbul ketika kamu mengalami anyang-anyangan adalah:

  • Merasakan lelah dan kurang sehat
  • Mengalami demam
  • Rasa perih ketika buang air kecil, jika terjadi pada pria akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian anus.
  • Nyeri pada punggung, jika terjadi pada wanita
  • Buang air kecil lebih sering, namun dengan volume yang sedikit-sedikit
  • Memiliki hasrat berlebih untuk buang air kecil

Seharusnya ketika kita tahu secara dini tentang tanda-tanda anyang-anyangan, mustinya kita bisa lebih berhati-hati dan segera melakukan tindakan secepatnya, tetapi kebanyakan orang (termasuk saya sendiri) yang tidak memperdulikan tanda-tanda seperti itu yang malah menganggapnya hal sepele. Kalau sudah terjadi dan bahkan sampai menimbulkan gejala yang lebih serius baru deh kapok hehe

Lalu, apa sih Penyebab Anyang-anyangan?

Berbagai gejala Anyang-anyangan yang muncul seperti yang telah dijabarkan di atas, bukannya tanpa sebab lho sahabat. Banyak faktor penyebab pemicu timbulnya gejala anyang-anyangan tersebut. Salah satu penyebab anyang-anyangan adalah bakteri yang menginfeksi saluran kandung kemih.

Karena kurangnya menjaga kebersihan organ intim atau daerah kemaluan, dapat dengan mudahnya bakteri Escherichia coli atau E-coli masuk ke dalam saluran kandung kemih. Dan biasanya bakteri tersebut dapat masuk ke dalam daerah anus atau dubur manusia. Menurut penelitian medis menerangkan bahwa jarak antara anus dengan bagian kemaluan seorang wanita sangatlah pendek sehingga kebanyakan wanita mengalami ayang-anyangan dikarenakan oleh bakteri ini. Selain itu ukuran saluran kencing seorang wanita lebih pendek jika dibandingkan dengan pria.

Nah yang aku rasakan ketika itu nyeri ketika buang air kecil menurut hasil pemeriksaan dokter, bisa disebabkan karena seringnya meminum minuman yang mengandung banyak kafein. Beliau juga menjelaskan bahwa minuman yang mengandung banyak kafein dapat menyebabkan iritasi pada saluran kandung kemih dan juga merupakan penyebab sakit saat buang air kecil. Sehingga sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman tersebut dalam jumlah yang banyak.

Aku memang pecinta kopi dan sering sekali menghabiskan beberapa cangkir kopi dalam sehari. Tapi rasa sakit buang air kecil baru aku rasakan akhir-akhir ini. Dan yang paling parah, karena kekurangtahuan terhadap tanda-tanda anyang-anyangan tersebut, saat dirasa nyeri yang aku lakukan hanya mengoleskan botol air mineral yang berisi air hangat ke bagian perut, tujuannya sih supaya rasa nyerinya hilang. Karena setelah dilakukan tindakan tersebut, lima sampai dengan 10 menit rasa nyerinya itu hilang dan kembali normal kembali.

Setelah Tahu Penyebabnya, Lalu Bagaimana Cara Mencegah Anyang-anyangan?

Lebih baik mencegah daripada mengobati, pepatah ini cocok untuk aku yang sering menyepelekan sesuatu sehingga bisa berakibat fatal untuk kedepannya. Karena kalau sudah fatal, biaya yang dikeluarkan juga akan semakin banyak bukan? Alih – alih ingin menghemat keuangan, yang ada malah keluar uang untuk berobat.

Makannya kalau kamu mengalami kondisi yang dirasa merupakan tanda-tanda anyang-anyangan, sebaiknya berhati-hati dan sesegera mungkin untuk melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari resiko anyang-anyangan. Cara mencegah anyang-anyangan adalah sebagai berikut :

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Untuk kelangsungan hidup manusia dan agar kesehatan tetap terjaga, tubuh manusia memerlukan air putih dalam jumlah yang seimbang. Karena dengan mengkonsumsi air putih secara teratur, dapat menghindari segala jenis penyakit dan juga dapat menetralkan racun termasuk untuk membilas bakteri yang menempel di dalam tubuh. Agar tubuh tetap sehat, wajib untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari atau 2-3 liter air agar saluran kemih terbilas secara teratur sehingga bakteri tidak sempat untuk berkembang biak. Dan dengan banyak meminum air putih merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi susah buang air kecil.

2. Hindari Menahan Buang Air Kecil

Awal mula gejala anyang-anyangan timbul ya bisa dikarenakan seringnya menahan buang air kecil sahabat. Mungkin sebagian besar manusia menganggap ini merupakan hal yang sepele, namun jika kita biarkan terus menerus, akan menjadi sesuatu yang fatal nantinya. Jadi agar terhindar dari yang namanya anyang-anyangan yuk mulai benahi diri kita dari sekarang dengan membiasakan buang air kecil secara teratur dan jangan di tunda-tunda.

3. Selalu Menjaga Kebersihan Organ Intim 

Daerah sensitif wanita merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan, salah satunya dalam hal kebersihannya. Perhatikan cara untuk membersihkannya. Hindari untuk membersihkan organ intim dari arah belakang ke depan karena hal tersebut dapat menyebabkan bakteri E-coli dapat masuk dengan mudah ke organ intim. Ubah pola kebiasaan tersebut, dan biasakanlah untuk membersihkan area organ intim dari depan ke belakang.

Selain itu, selalu menyediakan tisu kering atau tisu basah ketika hendak buang air kecil, agar permukaan organ intim tetap kering jangan sampai membiarkannya lembab karena akan membuat bakteri atau kuman-kuman bersarang.

4. Hindari Faktor Pemicu Gejala

Saat menderita infeksi saluran kemih (ISK), hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak kafein (kopi), minuman ber alkohol, makanan yang terlalu berbumbu, minuman bersoda, dan pemanis buatan, karena hal tersebut dapat semakin mengiritasi kandung kemih. Lebih memperbanyak mengkonsumsi makanan yang berserat, karena makanan yang kaya akan seratlah yang membantu pencernaan kita agar tetap sehat.

5. Banyak Mengkonsumsi Vitamin C

Banyak mengkonsumsi makanan atau buah-buahan yang mengandung vitamin C adalah sangatlah penting, pasalnya vitamin C dapat membuat urin menjadi lebih asam sehingga pertumbuhan bakteri terhambat. Meskipun dengan meminum air putih saja dapat mengatasi susah buang air kecil, namun dengan mengkonsumsi vitamin C akan lebih baik lagi. Dari hasil penelitian beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa infeksi saluran kemih dapat kita cegah dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, salah satu buah yang dimaksud adalah buah Cranberry. Hayo udah pada kenal belum sama buah yang rasanya asam mirip buah ceri ini?

Apa itu Buah Cranberry ?

Buah Cranberry | src: pixabay.com

Cranberry merupakan buah sejenis berry dengan rasa yang asam namun memiliki segudang manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, termasuk untuk mengobati infeksi saluran kemih (ISK). Buah Cranberry sangat populer di negara barat karena banyak dicari untuk diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Namun di Indonesia sendiri, buah Cranberry terbilang langka dan kalau ada harganyapun cukup menguras dompet kamu, hal ini disebabkan karena petani lokal  masih sedikit yang membudidayakannya.

Buah Cranberry bentuknya mirip dengan buah anggur, yaitu memilki ukuran buah yang kecil dan bulat. Namun buah ini cenderung berwarna merah menyala seperti buah ceri. Meskipun memilki ukuran yang kecil, siapa sangka buah ini memiliki beragam kandungan gizi yaitu Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Kalori, Lutein, Folate, Potassium, dan juga Magnesium. 

Cara mengkonsumsi buah Cranberrypun sangat mudah, bisa dikonsumsi dalam bentuk jus Cranberry atau dalam bentuk ekstrak Cranberry. Minuman ini kaya akan antioksidan yang dapat membunuh bakteri yang menyumbat. Buah Cranberry dipercaya dapat melindungi saluran kemih dengan cara mengubah sifat urine yang asam menjadi lebih asam sehingga secara alami dapat menghambat pertumbuhan bakteri E-coli.

Para ahli medis mengatakan bahwa zat yang terkandung dalam buah Cranberry yaitu zat Proantocyanidin, dapat mengubah struktur bakteri E-coli sehingga bakteri E-coli tidak dapat menempel pada sel yang melapisi saluran kemih.

Selain itu, berbagai teori lainpun bermunculan yang mengatakan bahwa dengan kita mengkonsumsi buah Cranberry, lapisan dinding saluran kemih menjadi lebih licin sehingga menjadi anti-adhesi (anti perlekatan) bagi bakteri E-coli. Oleh karena hal itu, bakteri E-coli menjadi sulit melekat pada dinding saluran kemih.

Selain dapat mengobati infeksi salurah kemih, buah Cranberry juga bisa digunakan sebagai pencegah infeksi, untuk itu sangat disarankan sekali mengkonsumsi Buah Cranberry dalam bentuk jus atau bisa dalam bentuk ekstrak Cranberry.

Mengingat harga buah Cranberry di Indonesia terbilang sangat mahal dan langka sehingga sangat jarang ditemui di berbagai mall bahkan pasar. Namun sahabat tidak perlu khawatir, karena buah Cranberry sekarang sudah ada ekstraknya. Salah satu ekstrak buah Cranberry yang aman dan sangat disarankan oleh dokter tempat aku berobat juga merupakan solusi alami untuk mencegah anyang-anyangan adalah Prive Uri-cran.

Prive Uri-Cran Solusi Terbaik Untuk Anyang-anyangan

Prive Uri-Cran merupakan salah satu suplemen makanan alami yang diproduksi oleh PT. Combiphar dengan diformulasikan dalam bentuk ekstrak buah Cranberry. Prive Uri-cran ini berfungsi untuk mencegah Infeksi Saluran Kemih dan bahkan mencegah infeksi saluran kemih yang datang berulang. Produk Uri-Cran ini hadir dengan 2 jenis varian/kemasan yaitu Prive Uri-cran dan Prive Uri-cran plus.

1. Prive Uri-cran

Prive Uri-cran | src: http://uricran.co.id

Prive Uri-cran merupakan salah satu varian dari produk Uri-cran yang diformulasikan dalam bentuk kapsul. Komposisi dari varian ini adalah 250 mg Ekstrak Cranberry. Isi dalam satu box adalah sebanyak 30 kapsul. Cara mengkonsumsi Prive Uri-cran yang berbentuk kapsul ini sangat mudah, cukup minum 1 sampai dengan 2 buah kapsul setiap harinya dengan segelas air putih.

2. Prive Uri-cran Plus

Prive Uri-cran Plus | src: http://uricran.co.id

Prive Uri-cran plus, merupakan varian yang sediaannya dalam bentuk powder (sachet). Komposisi dari Prive Uri-cran ini adalah terdiri dari:

  • 375 mg ekstrak cranberry,
  • 60 mg Vitamin C,
  • 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,
  • 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.

Untuk varian Prive Uri-cran plus, isi didalam 1 boxnya adalah sebanyak 15 sachet. Cara untuk mengkonsumsinya pun lagi-lagi sangat mudah sekali. Dalam sehari, kamu cukup mengkonsumsi 1 sampai dengan 2 sachet saja. Tuangkan 1 sachet Prive Uri-cran ke dalam 1 gelas air putih. Dapat diminum dalam keadaan dingin agar rasanya lebih nikmat.

 

Harga untuk per box Prive Uri-cran dibanderol dengan harga normal Rp 162.900,- dan Prive Uri-cran Plus dibanderol dengan harga normal Rp 126.900,-. Namun aku cek via online di Watsons ternyata sedang ada promo potongan harga lho. Untuk Prive Uri-cran bisa kamu beli hanya dengan harga Rp 48.500,- saja sedangkan untuk Prive Uri-cran Plus hanya 88.500,-. Wah, harga yang sangat terjangkau bukan? Bisa beli banyak kalau kayak gini sih hehe

Manfaat Prive Uri-cran

Setelah mengetahui kandungan dari kedua varian produk Uri-cran tersebut, Ini saatnya menjelaskan tentang khasiat dan manfaat dari produk Prive Uri-cran. Manfaat dari kedua varian tersebut adalah sama-sama memberikan solusi alami dalam mencegah dan mengatasi anyang-anyangan serta menjaga kesehatan saluran kemih. Kedua varian tersebut dapat kamu pilih sesuai dengan seleramu. Karena keduanya dapat diminum kapan saja dan dimana saja.

Cara mendapatkan produk Prive Uri-cran ini juga sangat mudah sahabat, karena sudah bisa kamu temui di berbagai apotek terdekatmu, seperti :

  • Guardian
  • Century
  • Watsons
  • Kimia Farma
  • Viva Health
  • dan apotek terdekat lainnya

Untuk antisipasi, selalu sediakan Prive Uri-cran di rumah atau ketika hendak berpergian. Karena jika sewaktu-waktu kamu mengalami atau terserang anyang-anyangan, kamu bisa langsung mengkonsumsinya.

Untuk kamu yang ingin mengenal dan tanya-tanya lebih jauh tentang informasi seputar produk Prive Uri-cran, bisa langsung cek website officialnya di http://www.uricran.co.id. Atau bisa melalui layanan telepon bebas pulsa di nomor 0800-1-800088. Customer service Combiphar akan menjawab dengan ramah setiap pertanyaan kamu lho dengan jawaban yang tepat. Waktu operationalnya dari hari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 WIB s/d 17.00 WIB. Selain itu, Combiphar mempunyai berbagai layanan sosial media yang dapat kamu pilih untuk kemudahanmu dalam bertanya atau berkonsultasi, seperti:

@CombiCareCenter
51F0B55B / COMBICC
081806800088

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, dari kejadian ini akupun sadar tentang gaya hidup yang aku jalani selama ini kurang baik dan kurang memperhatikan kesehatan sehingga berakibat hal yang fatal. Selalu menganggap sepele tentang hal-hal yang dirasakan tubuh salah satunya ya gejala anyang-anyangan itu. Yang ada malah dapat merugikan diri sendirikan.

Yuk mulailah dari sekarang untuk membiasakan menerapkan gaya hidup sehat dengan terus menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Selalu periksakan tentang kesehatanmu, jangan bosan untuk mencari berbagai informasi kesehatan dan cara mencegahnya agar ketika kita mengalami hal yang tidak diinginkan atau menyerang kesehatanmu, selalu ada proteksi untuk mencegahnya. Nah salah satunya adalah ketika Ayang-anyangan menyerang kesehatanmu, Prive Uri-cran lah solusi yang terbaik. Dengan ekstrak buah Cranberry nya yang memiliki zat asam, sangat baik dikonsumsi oleh penderita infeksi salurah kemih. Bukan hanya itu, Prive Uri-cran juga bisa dikonsumsi secara rutin untuk mencegah terjadinya Infeksi saluran kemih yang datang berulang. Jadi jangan anggap sepele ya untuk masalah anyang-anyangan. Selalu sediakan Prive Uri-cran dimanapun dan kapanpun! Karena Prive Uri-cran merupakan solusi terbaik.

Sumber dan Referensi:

Website Official Prive Uri-Cran

http://www.alodokter.com

Share and Like This..
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 9
  •